Bilangan cacah adalah bilangan yang bersesuaian dengan banyaknya obyek dalam sebuah kumpulan. Jika dalam kumpulan itu tidak ada isinya, maka banyaknya anggota pada kumpulan itu sama dengan nol (0). Jika dalam kumpulan itu ada
isinya, maka isinya tidak lagi 0 melainkan 1, 2, 3, ... dan seterusnya
Pembelajaran matematika SD kelas awal (kelas I, II, III) dimulai dari mengenal bilangan dan lambangnya dengan urutan:
mengenal bilangan 1 s.d 5,
mengenal bilangan 0(nol),
mengenal bilangan 6 s.d 10,
mengenal bilangan belasan 11 s.d 19,
mengenal bilangan 20 s.d 99, dan mengenal bilangan 100 s.d 500.
Pengenalan bilangan cacah 0 s.d 10 efektif jika digunakan obyek-obyek sehari-hari seperti misalnya gambar buah-buahan, gambar hewan, gambar alat-alat transportasi, dan lain-lain disesuaikan dengan taraf perkembangan berpikir peserta didik.
Pembelajaran makna bilangan sebagai banyaknya obyek tertentu dalam sebuah kumpulan beserta lambangnya (dalam bentuk angka) dimulai dalam beberapa tahap.
Tahap I : Mengenal dan menulis bilangan 1 s.d 5 sebagai banyaknya obyek dalam sebuah kumpulan
Tahap II : Mengenal Bilangan 0 sebagai kumpulan obyek yang tak memiliki anggota
Tahap III : Mengenal bilangan 11 sampai dengan 20 berdasarkan banyaknya satuan isi/obyek dari sebuah kumpulan.
Tahap IV: Mengenal bilangan cacah hingga 500.
|